Minggu , 15 September 2019
Beranda » Ragam » Yana: Jangan Lupa Radio Berperan Dalam Perjuangan Kemerdekaan RI

Yana: Jangan Lupa Radio Berperan Dalam Perjuangan Kemerdekaan RI

Harianjawabarat – Ditengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi banyak orang yang tak lagi familier dengan radio.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengingatkan Radio selalu eksis sejak jaman kolonial Belanda hingga saat ini.

Saat berkeliling melihat koleksi pameran, Yana terkesima dengan deretan radio yang dibubuhi keterangan pembuatanya mulai dari jaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan di antaranya terdapat‎ radio bermerek Philips tipe BX676X, yang merupakan tipe radio milik Jenderal Soedirman.

“Di sini bisa kita lihat bahwa radio itu bukan sekadar media hiburan, ternyata sangat sarat dengan sejarah. Karena radio ikut berperan dalam sejarah kemerdekaan indonesia, dan luar biasa ternyata radio saksi sejarahnya masih ada. Nilai sejarahnya luar biasa sangat tinggi,” ungkapnya.

Di tengah kemajuan jaman yang sudah serba digital, Yana melihat peran radio tak lantas ‎memudar. Sebab, kata dia, radio memiliki karakteristik yang khas serta dengan keunggulannya tersendiri.

“Saya melihat radio tetap dibutuhkan, karena orang denger radio bisa melakukan kegiatan apapun, sambil masak, sambil nyetir atau sambil apapun dan radio bisa lebih update,” katanya. [son]