Kamis , 21 Maret 2019
Beranda » Ekonomi » Pameran Dorong Pelaku Usaha Lebih Produktif

Pameran Dorong Pelaku Usaha Lebih Produktif

Harianjawabarat – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil membuka Weekend Market, digelar mulai tanggal 7-8 Desember 2018 di Transmart Carefour Mall, Jumat (7/12).

Atalia mengatakan, tujuan dari pameran ini untuk mengangkat potensi budaya, potensi seni dan potensi yang terkait dengan produk di wilayah kabupaten/kota di Jawa Barat. Sehingga menurutnya ini bisa menjadi contoh yang baik bagi para pelaku usaha yang lain.

“Lalu kita juga melihat mana pelaku usaha yang perlu kita dorong supaya kebutuhannya terpenuhi. Contohnya ada beberapa produk yang sudah bagus sekali tinggal kemasannya,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima RMOLJabar.

Selanjutnya, tutur Atalia, pameran ini merupakan sebuah bentuk untuk meningkatkan daya saing. Hakekatnya setiap pameran itu harus mengandung beberapa unsur diantaranya terkait sosialisasi, edukasi, promosi dan kurasi.

“Saya bangga sekali dengan 30 tenant yang hadir pada pameran. Menggambarkan potensi wilayah masing-masing yang penuh keunikan dan keanekaragaman budaya Jawa Barat,” sambungnya.

Atalia pun menitipkan motivasi bagi pelaku usaha yang masih meniti kariernya. “Tidak ada yang tidak mungkin. Semua orang akan memulai langkah pertama dulu sebelum seribu langkah berikutnya. Jadi menurut saya bahwa ketika peluang itu ada lakukan sebaik-baiknya. Apapun yang terjadi, faktor resiko mungkin ada tapi Insya Allah kesuksekan di depan mata. Bila kita menjadi kuat dan tangguh  dan tau tau bagaimana strategi untuk mencalai mimpi kita,” paparnya.

Pameran ini juga mengadakan lomba dengan mengakurasi produk terbaik dari 27 kabupaten/kota untuk mewakili Jawa Barat di tingkat pusat. Karena dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Dekranas Award 2018 tingkat Nasional, maka pemenangnya akan diikutsertakan.

Diselenggarakan juga Musyawarah Daerah Dekranasda provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan per 5 tahun sekali, kali ini di Kota Cirebon tepatnya di Hotel Aston. Musda ini akan menyampaikan bagaimana memahami peran dan fungsi dekranasda bagi pengurus. Lalu lebih memahami apa program dan timeline untuk tahun 2019 nanti.

Juga akan menampung aspirasi kabupaten/kota terkait dengan potensi dan permasalahan yang ada. “Sehingga Dekranasda Provinsi Jawa Barat dapat memetakan mana pelaku usaha yang harus didukung, ditingkatkan dan melakukan pembinaan langsung,” tegasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Aburachim mengatakan, Weekend Market merupakan rangkaian dari Musyawarah Daerah Dekranasda se-Jawa Barat. Pameran ini menampilkan craft, fashion, aksesoris dan kuliner. Diikuti oleh 18 kabupaten/kota dan produk umkm 91 peserta.

“Tujuan pameran ini untuk mendorong UMKM di Jawa Barat mampu berdaya saing melalui produk-produknya,” kata Dudi. [yud]