Senin , 19 November 2018
Beranda » Pemerintahan » Sekda Jabar Minta 16 Kota-Kabupaten Serahkan RPJMD

Sekda Jabar Minta 16 Kota-Kabupaten Serahkan RPJMD

Harianjawabarat – Sekretaris Daerah (Sekda) pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa meminta 16 kota/kabupaten yang kepala daerah hasil pilkada serentak 2018 sudah dilantik segera mengajukan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ke DPRD setempat.

“Sekda di 16 daerah yang kemarin melaksanakan pilkada serentak 2018 diminta mengajukan rancangan awal RPJMD kepada DPRD masing-masing,” kata Iwa di Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (15/10).

Iwa mengatakan RPJMD yang sudah diajukan nantinya dikonsultasikan dengan DPRD masing-masing daerah, kemudian dilakukan evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri sebelum disahkan.

Pengajuan RPJMD dilakukan maksimal 40 hari setelah kepala daerah telah dilantik.

“RPJMD 2018 – 2023 Provinsi Jabar sendiri, hari ini telah disampaikan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Jabar. Rancangan awal RPJMD itu di dalamnya berisi implementasi dari visi-misi janji kampanye kepala daerah terpilih,” kata Iwa.

Selain itu, dalam penyusunan RPJMD dari 16 kota/kabupaten pada wilayah Jawa barat dapat terselesaikan hingga akhir tahun 2018.

“Mudah-mudahan RPJMD Jabar selesai di Desember 2018 sehingga mulai awal tahun 2019 RPJMD kita sudah sah. Bila itu tidak selesai akhir tahun akan berakibat fatal,” ungkap Iwa. (ant/ts)