Senin , 19 November 2018
Beranda » Ragam » Penyempitan Saluran Air Sebrang Pasar Gedebage Bisa Bikin Banjir

Penyempitan Saluran Air Sebrang Pasar Gedebage Bisa Bikin Banjir

 

Harianjawabarat – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengakui penyempitan saluran air di sebrang Pasar Gedebage, berpotensi menyebabkan banjir Cileuncang saat musim hujan tiba.

Hal itu diungkapkan oleh Arief usai mendampingi Wali kota Bandung Oded M. Danial meninjau pengerukan saluran air di Sebrang Pasar Gedebage Kota Bandung, Rabu (17/10).

“Saluran air di sebelah sini besar, tapi saluran yang menyambungkan ke sebelah sana mulai menyempit. Sehingga kadang-kadang jika disini banyak sediman airnya akan melimpas ke jalan,” katanya.

Menurut Arief pelebaran saluran air mutlak harus dilakukan agar aliran air bisa lancar hingga ke Sungai Cinambo. Jika aliran air lancar maka risiko banjir akan berkurang.

Sayangnya, hingga saat ini ide tersebut belum bisa direalisasikan dan masih dalam tahap perencanaan. Bahkan tahun ini pun belum tentu bisa di realisasikan.

“Belum, nanti kita panggil dulu pengelola pabrik dan perusahaan disini (sepanjang saluran air). Kita juga perlu lakukan sosialisasi dan edukasi pada para pedagang pasar agar tak buang sampah ke sungai,” demikian Arief.¬†[ald]