Senin , 17 Desember 2018
Beranda » Hukum/Kriminal » KPK Tahan Bupati Cirebon Sunjana Purwadisastra

KPK Tahan Bupati Cirebon Sunjana Purwadisastra

Harianjawabarat – KPK menahan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra selama 20 hari ke depan karena diduga terlibat kasus jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon. KPK juga menahan Sekda Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon Gatot Rachmanto.

“KPK menahan tersangka SUN (Sunjaya Purwadisastra) dan GAR (Gatot Rachmanto) selama 20 hari ke depan di Rutan Cabang KPK di belakang gedung merah putih KPK,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (25/10).
Gatot keluar dari Gedung KPK sekitar pukul 23.10 WIB.  Gatot memilih bungkam dan terus tersenyum saat berjalan menuju mobil tahanan milik KPK.
Selang satu jam Sunjaya keluar dari gedung KPKK setelah diperiksa sejak pukul 00.05 WIB. Dengan mengenakan rompi oranye milik KPK, Sunjaya menampik semua tuduhan yang diarahkan padanya. “Sampai sekarang saya belum pernah terima uang itu,” kata Sunjaya.
KPK telah menetapkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra sebagai tersangka dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Sunjaya ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan Gatot Rachmanto. Gatot adalah Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon yang diduga sebagai pemberi suap dalam kasus ini.
Sunjaya diduga menerima suap yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Suap itu diduga berasal dari jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.
KPK juga menduga ada penerimaan lain oleh Sunjaya yang nilainya mencapai miliaran rupiah. Kasus ini terungkap dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Rabu (24/10). KPK menangkap 6 orang dalam OTT tersebut. KPK hanya menetapkan dua orang sebagai tersangka.