Senin , 19 November 2018
Beranda » Ragam » Bandara Wiriadinata Disuntik Anggaran Rp 30 Miliar

Bandara Wiriadinata Disuntik Anggaran Rp 30 Miliar

Harianjawabarat – Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, pada tahun ini Kementrian Perhubungan akan memberikan anggaran Rp 30 Miliar untuk pengembangan Bandara Wiriadinata, termasuk penambahan panjang Runway.

Pada tahun 2017 lalu, kata Budi, Bandara Wiriadinata sudah mendapatkan suntikan Rp 20 Milyar. Anggaran tersebut sudah terapkan dengan beroperasinya bandara, ditambah fasilitas penunjang, seperti pagar dan lainnya.

“Tahun ini kami mendapat bantuan dana lagi dari Kemenhub sebesar Rp 30 miliar. Itu anggaran sudah termasuk Runway diperpanjang sekitar 200 meter. Lalu, akan dipasang lampu dan lainnya,” kata Budi, Rabu (17/10).

Menurut Budi, masih banyak yang harus dipersiapkan, diantaranya penambahan rute penerbangan yang saat ini baru melayani rute Pulang Pergi (PP) Tasikmalaya-Jakarta via Halim Perdanakusuma dan Tasikmalaya-Bandara Adi Sumarmo Solo.

“Ada usulan ke Bandung, apakah terlalu dekat atau tidak? Meskipun dekat tapi kalau sering macet bisa saja ada rute ke sana,” paparnya.

Sementara itu, Kabid pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Rita Ameliya mengatakan, dengan adanya Bandara Wiriadinata pihaknya sudah melakukan pembenahan pada tempat pariwisata.

Langkah yang diambil yakni berperan aktif dalam kegiatan event tahunan Kota Tasikmalaya seperti Tasik Oktober Festival (TOF). Revitalisasi objek wisata juga bagian dari langkah Kota Tasikmakaya dalam menyambut kehadiran pengunjung.

“Kita terus kembangkan destinasi wisata yang kita miliki, seperti karang resik, situ gede dan objek wisata lainnya. Selain itu juga kita gelar beberapa event diantaranya Tasik Oktober Festival yang kemarin digelar,” pungkas Rita. [aga]