Senin , 19 November 2018
Beranda » Ragam » 7.513 Pelamar Berebut 328 Formasi CPNS Bandung Barat

7.513 Pelamar Berebut 328 Formasi CPNS Bandung Barat

Harianjawabarat – Petugas dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sedang memverifikasi berkas para pelamar seleksi CPNS 2018. Hingga penutupan proses pendaftaran pada Senin (15/10).

Tercatat ada 7.513 pelamar yang tertarik memasukan berkas lamaran untuk bersaing memperebutkan 328 formasi CPNS di KBB.

“Hingga hari ini, Rabu 17 Oktober 2018 pukul 09.00 WIB, tercatat ada 7.513 pelamar ke KBB. Sementara yang dinyatakan lulus verifikasi sementara ada 3.797 pelamar,” terang Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai, BKPSDM KBB, Faisal Firdaus di sela-sela verifikasi berkas, Rabu (17/10).

Faisal menyebutkan, secara keseluruhan jumlah peminat terhadap formasi CPNS di KBB ada 7.988 orang namun yang melamar hanya 7.513. Yang memenuhi syarat atau terverifikasi sementara baru 3.797, tidak memenuhi syarat atau tidak lulus verifikasi 2.980, dan yang belum terverifikasi 730 orang.

Dari jumlah tersebut, pelamar disabilitas dan yang Cumlaude masing-masing ada 2 orang.

Proses verifikasi dijadwalkan sampai tanggal 20 Oktober 2018 dan setelah selesai berkas langsung dikirim ke BKN.

Proses selanjutnya adalah penjadwalan tes, siapa yang dinyatakan lulus berkas administrasi pendaftaran maka bisa mencetak kartu tes di akun yang telah mereka buat.

Terkait banyaknya berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat atau tidak lulus verifikasi, Faisal menyebutkan karena surat lamaran yang tidak ditulis tangan. Selain itu lamaran juga tidak ditandatangani dan tidak bermaterai.

Kemudian yang juga menjadi pertimbangan lainnya adalah kelengkapan berkas pendukung seperti scan ijazah asli, transkrip nilai, dan KTP/Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan.

“Surat lamaran itu harus ditujukan ke Bupati Bandung Barat atau Pemkab Bandung Barat. Tapi fakta yang kami temukan saat verifikasi banyak lamaran yang ditujukan ke instansi lain bahkan termasuk ke BKN,” sebutnya.¬†[ald]