Selasa , 18 Desember 2018
Beranda » Lingkungan » Kota Bogor Larang Kantong Plastik Mulai 1 Desember

Kota Bogor Larang Kantong Plastik Mulai 1 Desember

Harianjawabarat – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor akan memberlakukan larangan penyediaan kantong plastik bagi toko modern dan pusat perbelanjaan mulai Sabtu, 1 Desember 2018.

Kabid Persampahan DLH Kota Bogor Mochamad Ade Nugraha mengatakan sudah menyosialisasikan aturan itu ke seluruh toko modern dan pusat perbelanjaan sejak beberapa waktu lalu.

“Kami juga sosialisasikan di tempat-tempat umum, seperti di Taman Ekspresi belum lama ini dengan memberikan penjelasan ke masyarakat sekaligus kami berikan kantong pengganti,” kata Ade di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 September 2018.

Ade menerangkan larangan menyediakan kantong plastik ini sudah memiliki landasan hukum berupa Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 61/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Apalagi tahun 2019, adanya kebijakan pemerintah pusat yang akan mengenakan cukai pada kantong plastik.

“Kami berharap masyarakat Kota Bogor turut serta mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik dengan kesadaran sendiri. Karena akan berdampak pada berkurangnya jumlah timbunan sampah plastik demi menjaga lingkungan hidup yang tidak tercemar sampah plastik,” ungkap Ade.

Bogor akan menjadi kota ke-4 yang melakukan pelarangan penggunaan kantong plastik setelah Kota Banjarmasin, Kota Balikpapan. dan Kota Bandung.