Selasa , 18 Desember 2018
Beranda » Ragam » Bukan Sekadar Juara, P2WKSS Dorong Pembangunan Masyarakat Desa

Bukan Sekadar Juara, P2WKSS Dorong Pembangunan Masyarakat Desa

Harianjawabarat –Program Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) memiliki manfaat bagi desa. Bahkan mampu mendorong serta menggalakan peran masyarakat secara aktif. Baik melalui pengembangan sumber daya alam maupun lingkungan.

“P2WKSS sebagai upaya mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera agar tercipta pembangunan masyarakat desa dengan perempuan sebagai penggeraknya,” ujar Bupati Kuningan Acep Purnama saat menyambut tim P2WKSS Jabar ketika berkunjung ke Desa Gunungkarung, Kecamatan Luragung.

Sehingga, menjadi juara bukan tujuan. Terpenting ialah mengubah kondisi dan perilaku masyarakat untuk membangun dirinya dan keluarga yang mandiri dan sejahtera. Tentu saja selaras dengan visi Kabupaten Kuningan yakni Mandiri Agamis Sejahtera (MAS). “Desa Gunungkarung  merupakan desa binaan P2WKSS yang di dalamnya terdapat program lintas sektor pembangunan. Boleh juga dikatakan merupakan program terpadu yang yang memerlukan sinergitas dari seluruh SKPD,” ucapnya.

Sebab, hal itu tidak terlepas dari upaya serta masyarakat Desa Gunungkarung yang mendapat dukungan Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan serta instansi terkait dan elemen masyarakat lainnya. “Ini mendapatkan dukungan dari berbagai elemen,” ungkapnya

Dalam hal itu, dirinya berterima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh SKPD terkait, TP PKK Kabupaten Kuningan, Kecamatan dan Desa, BUMD, BUMN. Termasuk tokoh masyarakat yang telah memberikan konstribusi dan atas peran aktifnya dalam kegiatan program P2WKSS yang sudah berjalan lancar. “Semoga apa yang telah kita lakukan dapat membawa perubahan dan kemajuan bagi Desa Gunungkarung khususnya dan Kabupaten Kuningan,” pungkasnya. [bon]