Minggu , 22 Juli 2018
Beranda » Haji & Umrah » Supaya Layanan Maktab Maksimal, PIHK Minta Kemenag Dampingi Hak-hak Jemaah Haji Khusus

Supaya Layanan Maktab Maksimal, PIHK Minta Kemenag Dampingi Hak-hak Jemaah Haji Khusus

Supaya Layanan Maktab Maksimal, PIHK Minta Kemenag Dampingi Hak-hak Jemaah Haji Khusus
Tenda maktab

Jakarta, Harian Jawa Barat – Direktur Utama Noor Abika Tours & Travel, H. Holil Aksan Umarzen berharap, fasilitas penyelenggaraan haji khusus tahun ini, bisa lebih baik dari tahun lalu. Sehingga, jemaah bisa semakin puas mendapatkan pelayanan yang diinginkan selama berada di Tanah Suci nanti.

“Terutama pelayanan di maktab. Agar bisa mendapatkan pelayanan yang baik, maka perlu ada terobosan-terobosan baru, yang bisa disampaikan kepada Muassasah Asia Tenggara. Selama ini, Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) ketika bertransaksi dengan Muassasah Asia Tenggara itu, seperti membeli kucing dalam karung. Tidak jelas hak-hak apa yang nanti didapat PIHK, namun sebaliknya kewajibannya malah jelas, bayarnya jelas, tapi hak-hak PIHKnya tidak jelas,” imbuh Holil ketika ditemui Bisnis Syariah di salah satu hotel terkemuka di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Rabu malam, (06/06/2018).

Kenapa bisa demikian, sambung Holil, sebab tidak adanya pendampingan dari Kementerian Agama dalam pelaksanaan transaksi dengan Muassasah Asia Tenggara tersebut. “Adapun petugas dari Kementerian Agama yang datang ke maktab-maktab itu bukan mengawasi hak-hak jemaah. Yang mestinya hak-hak jemaah itu harus diawasi petugas Kementerian Agama seperti bagaimana jemaah itu mendapatkan hak-haknya atas layanan yang diberikan pengelola maktab Muassasah Asia Tenggara. Sebaliknya malah yang diawasi PIHK apakah melakukan kesalahan atau tidak. Kan selama ini kan begitu. Nah, suasana ini akan dibalik, kita minta agar petugas Kementerian Agama mendampingi jemaah haji khusus, seperti selama ini petugas Kementerian Agama mendampingi jemaah haji reguler. Sehingga, hak-hak jemaah haji khusus mendapatkan pelayanan dari maktab itu jelas. Kan begitu,” ujar Holil yang kantornya berada di bilangan jalan Soekarno Hatta, Graha Penyileukan Asri, Bandung, Jawa Barat ini kembali. (maman suryaman)