Senin , 17 Desember 2018
Beranda » Ragam » Alun-Alun Kejaksan Cirebon Jadi Destinasi Wisata Saat Libur Lebaran

Alun-Alun Kejaksan Cirebon Jadi Destinasi Wisata Saat Libur Lebaran

Harianjawabarat – Pasca lebaran atau hari raya Idul Fitri 2018 sejumlah objek wisata di kota Cirebon nyaris penuh dan ramai pengunjung. Salah satu tempat yang dijadikan destinasi wisata di kota Cirebon ialah Alun-Alun Kejaksan.

Alun-Alun Kejaksan kota Cirebon dipilih masyarakat sebagai tempat berlibur lantaran lokasinya yang cukup strategis berada di Jantung Perkotaan dan jajanannya pun relatif murah. Destinasi semakin lengkap karena letak Alun-Alun Kejaksan tepat berada di depan Masjid Raya At-Taqwa.

Tak hanya itu, sebagian pedagang kaki lima di moment lebaran diberi dispensasi untuk menjajakan menu sajian, sementara di bulan-bulan biasa tidak diizinkan karena harus steril dari PKL.

Salah seorang petugas parkir Hadi (63) mengatakan di Alun-Alun Kejaksan memang selalu ramai dan banyak diminati masyarakat untuk berlibur dan menikmati masa senggang. Tak hanya di waktu lebaran, saat Ramadhan saja banyak para pengunjung, terutama Mahasiswa saat sore hari.

“Kalau lebaran, masjid ini memang ramai, tidak ada sepinya. Puasa kemarin saja banyak yang menunggu buka puasa di sini. Cuma sekarang mah ga bisa main bola karena di paving block. Pedagang juga masuk karena lebaran saja,” ujar Hadi yang sudah lama menjadi petugas parkir selama tahun 1978 di Masjid Raya At-Taqwa ini.

Sementara, seorang pedagang mainan anak-anak Hidayat (30) bersyukur dirinya diizinkan berjualan di kawasan Alun-Alun Kejaksan. Karena, kata Ia, di hari-hari biasa selain lebaran tidak diizinkan.

Hadi mengaku, di luar momen lebaran ia biasa mengais rezeki dengan berjualan di pasar malam. Karena lebaran, sehingga pasar malam pun libur. “Lumayan jualan di sini sehari pendapatan bisa nyampe 100 ribuan,” ungkap Hadi Pria asal Pemalang ini. [jar]