Rabu , 26 September 2018
Beranda » Ragam » Penerima PKH di Kota Bandung Alami Peningkatan

Penerima PKH di Kota Bandung Alami Peningkatan

Harian Jawa Barat – Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Tono Rusdiantono menyampaikan, pada 2017 Kota Bandung mendapat bantuan PKH sebanyak 21.957 Keluarga. Sedangkan BPNT sebanyak 63.262 Kepala Keluarga.

Sedangkan pada 2018, penerima PKH ini mengalami perluasan atau meningkat menjadi 37.687 kepala keluarga. Sedangkan penerima BNPT masih tetap dengan 63.262 kepala keluarga.

“Jangan anggap bahwa di Bandung kemiskinan naik, PKH itu naik karena nominal bantuannya naik, jadi dimanfaatkan oleh masyarakat yang memang sesuai persyaratan,” ucapnya. Jum’at (02/03).

Ia melanjutkan, tidak semua keluarga berhak mendapatkan bantuan. Melainkan ada persyaratannya yang merujuk pada aturan yang ada di Permensos no 10 tahun 2017. Yaitu seperti ibu punya anak, ibu sedang menyusui, anaknya masih bersekolah, punya tanggungan keluarga yang sudah lanjut usia di atas 60 tahun.

“Jadi tidak sembarang. Ada pendamping PKH yang sudah terdaftar di Dinsos Kota Bandung. Mereka akan menyeleksi kalau persyaratannya sudah cocok, ya bisa masuk,” ujarnya.

Dia menambahkan, di Kota Bandung sendiri program ini sudah berjalan dua tahun. Dia mengatakan, bantuan ini diharapkan bisa mempercepat masyarakat keluar dari kemiskinan.

“Jadi untuk kebutuhan sehari-hari bisa meningkatkan minimal dia dengan punya energi, penghasilan tetap, terus punya gizi baik jadi minimal bisa berpikir dan mudah-mudahan mereka berubah jadi pemberi manfaat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial, Idrus Marham menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara simbolis kepada 500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Wyataguna, Jalan Padjajaran, Bandung, Kamis (1/3). Mereka semua masing-masing mendalatkan bansos PKH tahap pertama sebesar Rp 500 ribu. [jar]