Senin , 26 Februari 2018
Beranda » Ekonomi » Kini Pelaku UMKM Tak Ribet Urus Sertifikat Tanah

Kini Pelaku UMKM Tak Ribet Urus Sertifikat Tanah

Harian Jawa Barat – Para pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang mendapatkan kemudahan pembuatan sertifikat tanah secara gratis sebagai modal pinjaman ke bank.

Tahun ini Dinas Koperasi dan UMKM dan Badan Pertanahan Nasional Karawang membagikan 100 sertifikat secara gratis.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Asep Junaedi mengatakan, tahun lalu pihaknya memberikan 100 sertifikat tanah gratis bagi para pelaku UMKM dan koperasi di Karawang. Tahun 2018 ini pihaknya bekerjasama dengan BPN untuk memberikan 100 sertifikat tanah lagi bagi pelaku UMKM dan koperasi.

Program ini merupakan program pemerintah pusat dan kami hanya menjalankannya dengan menyiapkan para pelaku yang akan mengurus sertifikat tanahnya secara gratis,” ujarnya, di Karawang.

Dikatakan, sertifikat gratis ini diberikan untuk membantu pelaku UMKM yang memiliki tanah namun tanpa sertifikat. Syaratnya, tanah tersebut tidak bersengketa dan memiliki dokumen AJB, letter C.

“Sebenarnya target dari provinsi dan pusat itu 1000 sertifikat gratis, tapi kami hanya sanggup 100 sertifikat dalam setahun,” katanya.

Menurutnya, siapapun pelaku UMKM yang memiliki tanah tapi belum diubah jadi sertifikat bisa langsung mengajukan pada Dinas Koperasi dan UMKM. Sebab informasi ini sudah di sosialisasikan kepada seluruh kepala desa dan lurah yang ada di Karawang.

“Kami hanya memfasilitasi saja UMKM,” katanya.

Ia menambahkan, sertifikasi tanah ini merupakan salah satu kepedulian pemerintah daerah kepada pelaku UMKM agar lebih maju dan dapat berkembang. Program ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh UMKM.

“Jika pelaku UMKM itu perlu modal, maka sertifikat itu bisa diagunkan untuk dijadikan model,” tandasnya. [nif]