Senin , 19 November 2018
Beranda » Ragam » Berbasis Android, Purwakarta Luncurkan Aplikasi Kepariwisataan

Berbasis Android, Purwakarta Luncurkan Aplikasi Kepariwisataan

Harian Jawa Barat – Bidang Pariwisata dan Kebudayaan pada Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporabudpar) Kabupaten Purwakarta meluncurkan sistem kepariwisataan berbasis teknologi.

Program digital ini, merupakan pelengkap lain dari aplikasi berbasis android Ogan Lopian atau program aplikasi yang telah diluncurkan pemkab setempat beberapa waktu lalu. Kedepan, dengan aplikasi berbasis android ini, wisatawan bisa mengakses tentang pariwisata di Purwakarta melalui smartphone.

“Semua informasi mengenai kepariwisataan di Purwakarta ada dalam satu aplikasi android. Aplikasi ini, kami bernama ‘Sampurasun’. Tinggal diunduh saja di smartphone,” ujar Kabid Pariwisata, Disporabudpar Purwakarta, Heri Anwar kepada awak media, Senin (12/2).

Saat ini, aplikasi ‘Sampurasun’ sudah bisa diunduh oleh masyarakat melalui smartphone berbasis android. Kalau sudah diunduh, warga bisa segera menikmati layanan tersebut. Misalnya, untuk mencari hotel dan lokasi wisata berikut penunjuk jalannya. Dengan aplikasi ini pelayanan kepariwisataan bagi masyarakat menjadi lebih praktis.

Tak hanya informasi soal destinasi wisata, serta lokasi penting lainnya yang ada di wilayah itu, melalui aplikasi ini masyarakat bisa menikmati layanan lainnya. Karena, dalam aplikasi ini juga ada beberapa menu yang bisa diakses oleh masyarakat. Sebut saja salah satunya, layanan Ojek Wisata.

Menurut Heri, pihaknya sengaja meluncurkan program tersebut. Mengingat, saat ini di wilayahnya sudah banyak terdapat lokasi-lokasi cukup eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Tak hanya di pusat kota, tempat wisata inipun tersebar di wilayah tersembunyi yang bisa di bilang sangat jarang dijamah oleh manusia.

Terkait Ojek Wisata yang jadi salah satu menu di aplikasi tersebut, pihaknya menegaskan, armada ini nantinya jadi di sarana penunjang bagi wisatawan. Jadi, wisatawan yang berkunjung bisa menggunakan jasa mereka untuk berkeliling tempat wisata. Mereka (tukang ojek) ini, juga sekaligus‎ akan menjadi pemandu wisata.

“Mereka nantinya bisa dinikmati sebagai armada sekaligus pemandu bagi para pelancong untuk mengeksplor seluruh lokasi wisata yang ada. Silahkan didownload saja aplikasinya, dan nikmati layanan pariwisata dari kami,” pungkasnya. [bon]