Minggu , 20 Mei 2018
Beranda » Ragam » DPRD Kab Bandung Minta Pengusaha Lokal Berkaca Diri

DPRD Kab Bandung Minta Pengusaha Lokal Berkaca Diri

Harian Jawa Barat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung merespon baik keluhan pengusaha lokal yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pengusaha Kabupaten Bandung  (FKPKB) soal dugaan didiskriminasi dalam hal pengerjaan proyek pembangunan.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Dadang Supriyatna menyatakan pihak DPRD sangat memahami betul kondisi yang dialami para pengusaha lokal ini.

“Kami apresiasi keluhannya, namun juga kita harus mengaca diri dengan pekerjaan yang dilakukan kita sendiri. Saat ini mungkin Pemkab bukannya tidak memperhatikan pengusaha lokal, tetapi ada hal-hal yang memang dipertimbangkan dalam setiap pengerjaan proyek pembangunan,” jelas Dadang Supriyatna, Senin (24/7) ditemui di DPRD Kabupaten Bandung.

Dirinya menambahkan, jika para pengusaha lokal ini tidak mendapatkan pekerjaan proyek. Bukan karena alasan diskriminatif dan sebagainya.

“Kan sekarang sudah transparan, apalagi yang lelang kan ada LPSE. Tetap harus profesional, dan tidak melanggar norma serta sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Politisi Golkar ini menegaskan, jika memang pengerjaan proyek di Kabupaten Bandung ini dilakukan oleh pengusaha lokal maka akan berdampak.

“Akan ada multi player efect (dampak) ekonomi, banyak pekerja lokal yang akan diikutsertakan. Jadi tidak mungkin Pemkab menganaktirikan,” jelasnya.

Terkait pengusaha dari luar kabupaten yang selalu mendapat pekerjaan, itupun harus dikaji apakah dari pengalaman atau mungkin penawaran di LPSE yang lebih murah sesuai lelang proyek.

“Kalau yang PL (penunjukan langsung) itu ada mekanisme juga. Tidak asal tunjuk. Tetap harus profesional,” paparnya.

Pihak DPRD Kabupaten sendiri, dalam hal ini akan memanggil Sekda Kabupaten Bandung untuk mendengar penjelasan eksekutif perihal ini.

“Kami akan dengar tampung, dan akan kami audiensikan ke Sekda, keluhan para pengusaha lokal ini,” pungkasnya. [jar]