Minggu , 19 Agustus 2018
Beranda » Kesehatan » Penyakit Non Infeksi Yang Mendominan di Kota Banjar

Penyakit Non Infeksi Yang Mendominan di Kota Banjar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar. H Oman Rokhman saat diwawancar oleh sejumlah media. (Foto: Dede Gumilar)

BANJAR- Angka kematian di wilayah Kota Banjar sekarang ini yang mendominan diakibatkan oleh penyakit non infeksi seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan kangker. Akibat pola hidup dan pola makan tidak sehat ada perpindahan siklus penyakit yang mengakibatkan kematian sekarang ini dari infeksi ke non infeksi, yang artinya penyakit yang menular tidak mendominan, tapi penyakit yang tidak menular yang mendominan dan sangat berbahaya serta mematikan.

“Biasakan hidup sehat pola makan yang baik bagi keluarga kita semua. Jangan lupa juga berolahraga, saat ini penyakit yang tidak menular yang paling membahayakan dan sangat mematikan.” Ucap Kepala dinas kesehatan kota banjar. H Oman Rokhman, Sabtu (20/5/2017).

Lanjutnya, berdasarkan data dinas kesehatan kota banjar sekarang ini penyakit infeksi atau menular seperti TBC dan yang lainnya tidak mendominan dalam angka kematian. Namun, saat ini penyakit non infeksi atau tidak menular saat ini mendominan pada angka kematian sekarang. Seperti Hipertensi, diabetes, jantung, dan kangker.

Kadinkes Kota Banjar menghimbau kepada semua masyarakat banjar, agar membiasakan diri dan keluarga serta lingkungan hidup bersih dan sehat. Dengan pola makan yang sehat konsumsi yang seimbang seperti empat sehat lima sempurna. Olahraga yang teratur minimal 30 menit berolahraga dalam sehari, agar badan tetap sehat dan bugar. Yang terakhir periksakan kesehatan minimal setahun sekali agar penyakit bisa diobati. (Degum)