Minggu , 20 Mei 2018
Beranda » Olahraga » Debut Pria Lombok Kawal Gawang Juventus

Debut Pria Lombok Kawal Gawang Juventus

Harian Jawa Barat – Kiper kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, Emilio Audero Mulyadi, menjalani debutnya di tim senior Juventus, Sabtu (27/5) malam.

Mulyadi pun mengungkapkan kegembiraannya melalui media sosial Instagram pribadi, @emil_audero, Minggu (28/5).

“Hari yang tak terlupakan tanpa kekurangan. Menakjubkan. Baik untuk permainan, juga emosi. Saya merasa hidup dengan antusiasme dan gairah,” tulis kiper kelahiran 18 Januari 1997 itu.

Dalam laga pamungkas pekan ke-38 itu, Mulyadi bermain penuh 90 menit. Ia menjadi kiper termuda kedua di Serie A – kasta teratas Liga Italia, setelah kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma.

Pasalnya, sejak naik kelas ke tim senior, tahun 2015 lalu, Mulyadi  belum pernah mendapatkan jatah tampil. Mengingat, dirinya berstatus kiper ketiga The Old Lady, setelah Gianluigi Buffon dan Norberto Neto.

Meski demikian, Mulyadi menganggap hal itu sebagai warna dalam karirnya. Apalagi, portiere yang menyukai grup musik Guns N’ Roses itu, merupakan didikan asli Juventus yang direkrut sejak sembilan tahun lalu.

“Warna-warna ini adalah bagian dari saya, sejak tiba sembilan tahun lalu di Juventus Allievi (Sekolah Sepakbola),” tutur peraih Penghargaan The Young Italy Talents of The Future 2012 tersebut.

Untuk itu, Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang berkontribusi terhadap karirnya.
Pemilik 25 caps bersama timnas Italia di enam kelompok usia itu mendedikasikan debutnya kepada keluarga baik di Italia juga di Indonesia.

“Tetap semangat. Juventus sampai akhir,” tutup kiper yang menolak tawaran PSSI untuk membela timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2017 itu.

Seperti diketahui, Juventus mengunci  gelar juara Serie A (Scudetto) keenam beruntun, usai memenangi laga lawan Crotone, 2-0, pekan lalu.

Sehingga, pelatih Maxmiliano Allegri menurunkan pemain yang jarang tampil saat menghadapi Bologna di pekan terakhir. Termasuk Mulyadi.

Menghadapi tuan rumah Bologna di Stadion Renato dall’Ara, Juventus sempat tertinggal terlebih dahulu 1-0, menit 52′. Kiper setinggi 1,91 meter itu, gagal menghalau tendangan keras Saphir Taider dari luar kotak penalti.

Akan tetapi, Juventus bangkit dan memenangi pertandingan. Paulo Dybala membuat skor sama kuat di menit ke-70. La Joya menyambar bola muntah tendangan Gonzalo Higuain yang ditepis kiper.

Gol penentu kemenangan Juventus tercipta pada menit ke-4 injury time. Debutan lainnya dari sektor penyerang, Moise Kean, menjadi super sub usai menggantikan Dybala, menit ke-79.

Pemain kelahiran 28 Februari 2000 itu pun sukses memanfaatkan umpan Miralem Pjanic. Sekaligus mengunci kemenangan Juventus atas Bologna, 1-2. Striker timnas Italia U-18 itu juga mencatatkan diri sebagai pemain pertama kelahiran milenium ketiga yang mencetak gol di Serie A di antara lima liga top Eropa.

Dengan kemenangan ini, Juventus mengoleksi 91 poin dari 38 laga. Sedangkan Bologna tertahan di posisi ke-15 dengan 41 poin.

Juventus sendiri berpeluang meraih tiga gelar dalam semusim (Treble Winners), jika berhasil mengalahkan Real Madrid di final Liga Champions, Minggu (4/6) mendatang. Pasalnya, Bianconerri telah menyegel dua gelar, Scudetto dan Piala Italia (Coppa Italia).[jar]